Relawan Paser diminta Bekerja Maksimal Bantu Korban Banjir Kalsel

PASER, Gerbangkaltim.con – Wakil Bupati Paser Kaharuddin meminta kepada 60 relawan yang berangkat ke Kalimantan Selatan, agar bekerja maksimal membantu korban terdampak banjir di daerah tersebut.
Hal itu ia sampaikan saat melepas 60 relawan yang terdiri dari 29 anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan 40 tenaga medis yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Paser, di kantor Bupati Paser, Jumat (22/01/2021).
“Jadilah duta Kabupaten Paser yang berhati mulia, ramah, ringan tangan, serta bertaqwa kepada Allah Swt, dan semaksimal mungkin mengembalikan kondisi fisik dan psikis para korban,” kata Kaharuddin.
Anak-anak korban banjir menurutnya mengalami trauma yang diakibatkan hilangnya tempat tinggal dan beberapa yang kehilangan keluarga.
“Anak-anak pasti menderita trauma akibat kehilangan, para orang tua mungkin ada yang terluka, kelelahan setelah berjuang menyelamatkan harta benda, serta ada juga yang bahkan kehilangan sanak famili,” ujarnya.
Para relawan menurut Kaharuddin akan menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Paser untuk membantu pemulihan korban banjir.
“Karena itu selain misi kemanusiaan, hendaklah saudara bertindak dan bertingkah laku sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Paser,” imbuhnya.
Dalam aksi kemanusiaan ini Pemkab Paser mengerahkan empat kendaraan yang berangkat ke daerah tersebut. Relawan akan mendirikan pos kesehatan dan menyalurkan bantuannya.
Diketahui bahwa untuk bantuan ini Pemkab Paser telah mengalokasikan dana sebesar Rp300 juta. Sebanyak Rp 100 juta untuk sembako dan Rp 200 juta untuk bantuan uang tunai kepada korban. (Dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *